Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Kapan Sih Vitamin (Suplemen) Boleh Diberikan?

Sepertinya vitamin khusus untuk bayi juga ada deh. Dulu seingetku Alya juga pernah dikasih vitamin oleh DSAnya waktu dia bayi, berbetuk drop gitu (biasanya yg drop memang utk bayi, kan?) . Tapi kalo aku perhatikan beberapa temanku, ada juga yg DSAnya ngasih vitamin ke bayi, padahal di kemasannya utk anak >2th. memang sih, dosis obat disesuaikan dg umur.

Berapa umur yg tepat untuk mengkonsumsi suplemen ? hmmh, kayaknya mah, selama makanan yg dikonsumsi oleh anak (baik itu bayi maupun balita) menu gizinya seimbang, dilengkapi pula dg susu, penambahan suplemen apapun kayaknya nggak perlu lagi, ya. Lagian, mendingan vitamin dari sumber yg fresh : buah, sayur…ya nggak?

Soal anak harus gendut sekel, …itu juga pemikiranku dulu. Tiap bulan yg dikejer BBnya Alya, kalo bisa ada di persentil 95 (di grafik BB) kaliiii, sangking napsunya. Tapi ternyata pikiran begitu salah. Aku kaget banget begitu tahu bahaya obesitas. Hiii…serem, …osteoporosis dini, hipertensi dini, belum lagi efek ke jantung, ke hati, ke otak, ke ginjal, diabetes tipe 2, dll…

Alya waktu umur 2,5 th beratnya 18 kg. Jalannya agak aneh, tapak kakinya nggak lurus ke depan. Setelah aku konsultasikan ke dokter SpBO (spesialis bedah orthopaedi/dokter tulang), hal itu disebabkan karena Alya suka duduk dengan posisi W dan BBnya yg over untuk umurnya. Kebayang nggak, kalo dipikir, kasihan khan tugas tulang, selain harus menyokong agar tubuh bisa berdiri, juga harus menanggung beban yg berlebihan🙂

Yg penting anak sehat, kalo diplot kurva pertumbuhannya di growth chart, tendensinya juga meningkat, nggak datar ataupun menurun tajam. Dan yg lebih penting lagi, riang gembira setiap harinya, sejahtra lahir bathin deh🙂. Aku bersyukur Alya sekarang nggak terlalu gendut, BBnya berkisar 18-19 kg, usianya 3,5 th. Cemilannya selalu buah dan sayur (ubi rebus, kentang kukus,wortel,dll)

Utk pengolahan sayur biar vitamin nggak menguap ke mana2, mungkin bisa dicoba:
1. utk bayi, pake slow cooker (bentuknya spt rice cooker,pancinya dari bahan keramik dan tutupnya terbuat dari kaca), karena serba tertutup, vitaminnya nggak menguap ke mana2.
2. utk balita, masak sayur beberapa menit sebelum jadwal makan anak. Jadi kan nggak perlu pemanasan berulang (setelah dimasak harus dihangatkan lagi)
3. menurut Tuti Sunardi dalam buku2 resepnya, mengukus sayuran mempertahankan kadar vitamin lebih banyak dibandingkan dg merebus atau jenis memasak lainnya. Jadi kalo dikhawatirkan sayur yg kita olah di jadwal makan utama anak, sudah berkurang kadar vitaminnya, coba berikan sayur yg dikukus pada jadwal makan cemilan anak.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: