Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Dicontek Teman di Sekolah

Belajar dari pengalamanku dulu bagaimana aku selalu dibantu saat menghadapi masalah, membuatku mengasuh Alya dengan cara yang berbeda. Di sekolah, aku serahkan pengasuhan sepenuhnya pada gurunya. Prinsipnya, aku membekali Alya dg hal2 yg harus dia pegang teguh, ttg mau berbagi dg teman, ttg bagaimana membela diri dan bagaimana bersikap tegas thd teman2 yg berlaku tidak baik padanya. Selebihnya, aku biarkan dia lepas untuk belajar sendiri bagaimana dia harus bersikap dan bersosialisasi (biar Alya belajar sendiri dari
pengalaman sehari2nya).

Aku ‘hanya’ turun tangan di saat2 genting, misalnya lapor ke gurunya saat Alya bertengkar dengan salah 1 temannya dan menyebabkan hampir tiap hari dia tidak mau sekolah dan low fever 38C, anehnya hanya pagi2, tiap mau sekolah, jelas sekali dia stress🙂 Setelah aku
komunikasikan dg guru, masalahpun selesai dan Alya sekarang malah dah bisa gelitik2 an dg temannya itu.

Contoh lain, di awal masuk sekolah, dia pernah marah dg teman laki2nya hingga terjadi pukul2an (Alya yg duluan). Tahu dong, anak laki, Alya malah bales ditendang&dipukul dg sekuat tenaga, untungnya gurunya cepat melerai. Kebetulan aku di depan kelasnya dan menyaksikan itu semua (saat masi orientasi siswa). Sebenernya aku bisa aja menarik Alya sehingga dia terhindar dari pukulan temannya, tapi aku biarkan dia merasakan sedikit pukulan, biar dia belajar hukum aksi reaksi: kalo nggak mau dipukul ya jangan mukul😀

Duh, jadi ngelantur, back to si Sweetymu itu, ajarkan dia untuk melindungi apa yg menjadi haknya. Misalnya setelah menulis apa yg diperintahkan guru, suruh dia tutup bukunya. Jika temannya minta, katakan,”tanya Bu guru aja”. Kalo temennya marah2, ya suruh anakmu
lapor ke Ibu Guru.

Intinya, serahkan semua pada guru di sekolah, kita sebagai orangtua hanya memberi bekal dasar, keterlibatan yg terlalu dalam takutnya malah tidak membuat anak berkembang dan selalu tergantung pada arahan kita setelah dia besar nantinya.

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: