Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Mengajak Anak Naik Pesawat

Kebetulan karena orangtua (dulunya) dan mertuaku tinggal di Sumatera, otomatis tiap tahun kita pul kamp menggunakan pesawat, dan tentu saja ‘treatment’ buat Alya di pesawat berbeda2 setiap tahunnya.

Aku dah coba beberapa airlines (saat belum punya Alya), yg namanya delay, itu mah adaaa aja. Kalo kelamaan di ruang tunggu, takutnya anak2 bosan, dan malah berulah di pesawat. Makanya biasanya aku pake Garuda, yg menurut pengalamanku selama ini biasanya on time (tapi setelah Alya 3th, khan dia dah bisa diajakin omong kalo lagi ngambek atau capek, jadi aku pilih yg murah meriah aja, kalopun delay, ya nggak masyalah )

Aku pernah pul kamp cuma berdua aja bareng Alya (ayahnya baru pindah kerja, jadi belum bisa cuti, berangkatnya menyusul), saat umurnya 2th. Heboh banget. Aku bawa ransel gede di punggung utk keperluan Alya selama di pesawat, bawa tas selempang (kayak anak sekolah) untuk memudahkan aku mengambil barang2 yg sering digunakan, dan yg paling heboh…karena Alya hobby nya lari ke sana ke mari, dia aku gendong dari ruang tunggu ke pesawat (dan saat itu belalai tidak digunakan pula! Pffuuiihh…).

Saat take off dan landing, karena sudah besar kali, ya, Alya menolak untuk makan dan minum. Untuk membuat mulutnya terbuka, aku mengajaknya menyanyikan lagu2 yg dia suka atau aku ajakin dia teriak dan bergaya kaget seperti McCaulay Culkin (?) di home alone (hihihihi heboh banget nggak seh…).

Selama di pesawat, memang harus banyak aktifitas yg dilakukan, ajakin nyanyi, baca buku cerita, liat2 awan di jendela, liat2 buku katalog promosi / majalah yg disiapkan airlines, dll. Saat tanda seat belt boleh dilepas, biarkan saja dia berdiri untuk melihat2 sekeliling dari tempat duduknya. Anak jangan diajakin jalan2 selama di pesawat, jangan ambil resiko, takutnya malah keasikan dan anak nggak mau diajak duduk lagi.

No comments yet»

Leave a Reply

