Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Kapan Harus Ke Dokter?

Duluuuu…aku gampang banget panik kalo Alya sakit. Untuk 1 jenis penyakit aja, aku bisa konsul ke beberapa DSA dg subspesialisasi yg berbeda2 sangking parnonya.

Walaupun ayahku RUD banget orangnya (ayahku emang bukan dokter manusia, alias dokter hewan😀 tapi dari dulu dah berkali2 ngajarin ke ibuku kalo penyakit yg disebabkan oleh virus itu nggak perlu obat) tapi kayaknya panikan dan paranoidnya ibuku nurun banget ke aku :p.

Akhirnya setelah aku ikut sebuah milis kesehatan, pikiran mulai terbuka deh,
gak gampang panik lagi🙂 Berdasarkan pengalamanku, menurutku sih sebaiknya kita:
1. mempunyai pengetahuan dasar ttg penyakit2 yg biasa diderita anak dan bagaimana cara penanganannya
===dengan mempelajari prinsip2 dari milis kesehatan tsb, seperti yg disebutkan dalam artikel yg dikirim ***, aku jadi nggak mudah panik saat Alya diare 9x dalam 24 jam dan watery pula🙂. Aku juga tahu kapan aku harus ke DSA dan kapan aku cukup melakukan treatment di rumah.
2. bergabung dg milis kesehatan, gunanya:
a. untuk penyakit tertentu di luar point no. 1, kita bisa mendapatkan pencerahan dg sharing ke milis
b. dg menjadi anggota milis tsb, kita bisa mengakses files milis dan mencari arsip message2 yg lalu utk penyakit2 tertentu. Misalnya pengen tahu apa sih gejala DBD, kita tinggal search dan mencocokkan gejala yg disebutkan di artikel dg gejala yg terjadi pada anak kita.

Nggak berarti kita sok jadi DSA lho, tapi mencari refrensi spt ini bagus banget selain nggak bikin kita panik juga bikin kita cepet mengantisipasi segala sesuatunya sebelum terlambat🙂

Ohya, sedikit sharing ttg demam. Dari milis tsb, aku tahu bahwa demam adalah proses alami tubuh dalam melawan virus (virus mati pada suhu tinggi). That’s why selama tubuh belum berhasil membunuh virus tsb, suhu tubuh tetap akan kembali meningkat/demam walaupun bisa saja turun sedikit selama beberapa jam akibat obat penurun panas.

Jadi jangan cepat lega kalo panas anak turun dan kemudian meningkat lagi, karena sudah dapat dipastikan memang virusnya masih belum tuntas dibasmi🙂. Nah, jika demam berlangsung lebih dari 3×24 jam, ke DSA mah dah wajib hukumnya🙂. (Alya beberapa kali demam tinggi, tapi karena suhu nya menjadi normal kembali dan konstan <3×24 jam, nggak aku konsultasikan ke DSA, karena itu berarti tubuhnya berhasil melakukan perlawanan alami thd virus tsb).

Hehehehe…sharingnya jadi puanjang banget, semoga bermanfaat😉

No comments yet»

Leave a Reply

