Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Plus Minus Ngerayain Ultah Anak Dalam Usia 1-5 thn

Jadi pengen sharing cerita tentang tradisi ulangtahun🙂. Tradisi di keluargaku, ulangtahun adalah hari spesial. Bisa dg cara dipestain dg mengundang teman2 sekolah, bisa juga hanya dirayakan bareng keluarga (ini yg lebih sering). Kalo nggak dipestain, biasanya ibuku dah sibuk ke toko langganan untuk beli bermacam2 kado, jumlah kadonya persis sama dg anggota keluarga termasuk PRT (minus yg ultah). Tujuannya, seolah2 tiap penghuni rumah punya kado spesial buat anggota keluarga ku yg berulangtahun, padahal semua kado itu, ibuku yang beli🙂.

Saat ultah, aku dan kakak2ku selalu menanti saat pembagian kado, yg biasanya pembagian kado itu berlangsung setelah shalat maghrib berjamaah. Wuuiiihh, seneng banget kan, selesai shalat tiba2 satu persatu kasi kado🙂.Tradisi itu berlangsung dari aku belum sekolah sd aku SD. Setelah SMP dan SMA, biasanya ibuku bikin tumpeng atau masakan istimewa.

Kalo tradisi keluarga suamiku, ulangtahun bukan untuk dirayakan, tapi ‘wajib’ hukumnya bagi tiap anggota keluarga untuk memberi ucapan selamat kepada siapa yg berulangtahun. Biasanya utk yg ultah, akan diberikan hadiah. Tradisi ini masih berlangsung sampai sekarang. Tiap suamiku ultah, 5 kakaknya (sebagian besar tinggal di Sumatera) akan telp/sms mengucapkan selamat ulangtahun, dan orangtuanya akan mengirimkan hadiah, bisa berupa baju koko ataupun ‘uang saku’😀 .

Sementara untuk Alya, intinya aku ingin dia selalu merasakan birthday nya dia sbg hari yg istimewa, tentunya tidak dirayakan secara meriah, sederhana aja, tapi punya kesan yg manis buat dia. 1st birthday, aku cuma ngundang keluarga inti dan teman2 dekat, 2nd birthday dirayakan dg teman2 nya yg tinggal dekat rumah, 3rd birthday dirayakan disekolah, hanya dg teman2 sekelasnya yg cuma 10 orang. Alya mulai punya kenangan ttg birthdaynya, sejak ultah yg ke 3.

Untuk ultah ke 4, Alya sudah berpesan, mau dipestain di rumah aja, bareng ayah ibu, kakek nenek dan om tante (keluarga inti kami yg ada di Jkt). Yg penting, rumah penuh dg balon yg menggantung di atas (plafon rumah), katanya. Trus kue ultahnya harus Princess Ariel, dan
hadiahnya sepeda Barbie🙂

Hihihi…aku sih tinggal nurutin kepengenannya dia, menjadikan 1 hari dlm 1 th sbg hari yg terindah dan tak terlupakan buat Alya, memang kewajibanku kan?🙂

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: