Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Anakku Kurus Banget

aku nambahin sharing dari sisi lain ya…

BB anak = Input – output
= kalori yg masuk – kalori yg keluar

Semakin tinggi aktivitas anak/ouput, semakin tinggi input/asupan kalori yg dbutuhkan.

Cat: Kalori lho ya, bukan jumlah makanan yg dimakan

Dulu, waktu Alya <3th, aku concern banget dg kebutuhan kalori per harinya dia. Aku cari tahu kira2 untuk anak dg BB nya dia, berapa kebutuhan kalorinya, dan aku susun menu yg sesuai dg kebutuhan tsb, bersumber dari buku2 resep yg memberikan perhitungan kalori di setiap menunya (mungkin bisa dcoba buku resep Tuti Sunardi dan Hindah Muaris). Atau bisa juga dg melihat berapa kalori untuk makanan siap saji seperti cereal, susu,yoghurt yg tertera di kemasannya.

(fyi sekarang aku ga pernah se detail itu, tapi masukin makanan dg kalori tinggi, teteup :p)

Dalam menyusun menu, porsi asupan kalori sbb:
sarapan memasok 25%
makan siang 35-40%
makan malam 20%
makanan selingan (di antara ke tiga waktu makan itu) sekitar 5-10%.

sumber:
http://beingmom.org/index.php/2006/07/14/bekal-energi-si-kecil/

Based on kebutuhan itu, sebaiknya tidak memberikan sarapan dg kalori yg terlalu tinggi sehingga anak masih kenyang saat waktunya makan siang. Juga tidak memberikan cemilan yg berkalori tinggi (walaupun fisik makanannya terlihat kecil) di antara 2 waktu makan. Saat ini, untuk cemilan, aku biasanya kasih Alya buah berserat tinggi, yg jelas kalorinya pasti rendah.

Susu utk anak >1th, hanya memenuhi kebutuhan kalsium, jd bukan sbg pemasok kebutuhan gizi yg utama. Yg aku tahu, kebutuhan kalsium untuk anak balita berkisar 500-800mg/harinya. Jd saat memilih susu, lihat di kemasannya, dalam sekian ml susu yg diminum, mengandung berapa mg kalsium (ini yg menentukan berapa ml susu yg harus diminum anak, karena 400ml susu UHT coklat kadar kalsiumnya berbeda dg 400ml susu UHT plain full cream).

Aku pribadi tidak menyukai susu UHT Ultra karena selain kalorinya rendah, penjelasan komponennya menggunakan prosentase AKG, menyulitkan aku menghitung, berapa pastinya kadar kalsium dalam susu tsb dalam mg.

Salah satu menu sarapan Alya (4th 8bl) yg tinggi kalori, aku campur pisang ambon (3/4 – 1) dengan yoghurt strawberry, mango, dll (merk Yummy, 1 cup kecil ukuran 125 gr), dan minum segelas susu (200 cc) coklat Greenfields…

Kalori yoghurt 148 kal, kalori susu 168 kalori, dtambah pisang ambon yg walaupun aku ga tahu pasti berapa kalorinya, tentunya pasti tinggi dan mengenyangkan.

Mungkin kalo yoghurt, dcampur es krim, susu & buah2an apa saja, terus dblend jadi milkshake, sapa tahu *** suka… Terlihat simple, karena makanan berbentuk cair, tapi menurut milis kesehatan d sebelah…kalorinya ngalah2in kalori 1 piring nasi dan teman2nya🙂

No comments yet»

Leave a Reply

