Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Menyoal Sekolah (lagi)

topik tentang sekolah memang menarik ya🙂. Sebagai orangtua kita memang harus bijak menyikapi semua masukan yg ada…, termasuk melihat sisi positif dari informasi yg ditulis Gene.

Emang bener sih, yg pertama harus kita tetapkan adalah kriteria kita dalam memilih sekolah, dimana prioritas penyusunan kriteria ini, variatif untuk tiap orang. Kalo buatku, pengennya sekolah yg gak terlalu pasang target tinggi ke anak didiknya: harus bisa ini itu di usia dini, nggak kasih peer yg banyak, dan nggak ulangan melulu. Aku juga concern dg jenis ekskul yg diberikan, karena buatku sekolah yg baik bukan hanya memberikan pelajaran sesuai kurikulum yg ditetapkan dari pemerintah, tapi juga memfasilitasi anak didik untuk berkembang sesuai dengan potensi masing2. Kriteria selanjutnya, kl bisa sekolah tsb menunjang Alya terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Inggris . Kriteria terakhir dan juga gak mutlak, kalo bisa sekolah umum alias gak berbasis agama tertentu, biar dari kecil terbiasa hidup dalam keanekaragaman (syoile :p)

Setelah itu baru aku concern dg keadaan sekolahnya (mulai dari fisik bangunan,lapangan bermain sampai tingkat keamanannya) dan tenaga pengajarnya. Aku juga suka perhatiin lowongan pekerjaan di koran untuk guru di sekolah2 tsb, kualifikasi spt apa yg diminta.
Setidaknya aku bisa dapat gambaran bagaimana mutu sekolah tsb.

Alya masuk SD tahun ajaran 2008, dan aku sudah cari info mengenai SD2 yg masuk dalam daftarku, dari Feb 2007😀. Aku ngumpulin info sebanyak mungkin untuk mengambil penilaian seobjektif mungkin tentang setiap sekolah.

Pertama2, aku ngumpulin info dari para orangtua atau brosur saat sekolah2 tsb ngadain pameran pendidikan/open house, kemudian aku tanya2 biaya, fasilitas dan ekskul yg ada.
Kemudian kalo aku tertarik, aku googling untuk nemuin situs sekolah tsb, juga info2 lainnya, dan kalo beruntung, dapetin blog dari orangtua murid atau murid yg bersekolah di sekolah tsb (biasanya ini bisa berlanjut jadi tanya jawab via email dan informatif banget buatku).

Setelah itu aku site visit, mulai dari lihat fisik bangunan sekolahnya, interview murid2 yg sekolah di sana, pekerja di sekolah tsb, sampai interview orangtua murid. Sekedar dapet masukan dari
berbagai pihak, kalo aku dengerin informasi hanya dari Kepala Sekolah, admission dan bagian marketing sekolah saat mereka open house atau pameran, pastinya info yg bagus2 aja, ya gak?

Sejauh ini hasil surveyku memang membuktikan, ada uang ada barang :p, semakin bagus mutu sekolah semakin mahal biayanya. Tapi nggak jarang biaya yg dibayarkan untuk 1 sekolah terasa gak imbang dg yg didapat, setelah dilakukan komparasi dg sekolah lainnya yg sejenis. Nggak lucu kan, biaya sekolah hampir 5juta sebulan, tapi penekanannya bukan pada akademik, tapi terpaksa mahal karena adanya fasilitas2 tambahan spt ekskul berkuda, polo air, dll, yg gak
pentiiiing banget😦 menurutku lho ya🙂

Sampai sejauh ini aku survey ke sana ke mari, cuma ada 3 sekolah yg mendekati kriteria, yg satu sekolah berbasis agama katolik, tapi umur Alya nggak memenuhi syarat, yg satunya sekolah nasional plus tapi baru ada sd SD kelas 4, boro2 ada SMP SMA nya), terakhir
sekolah swasta nasional tapi Alya nggak terlalu suka karena saat ini dia bersekolah di TK sekolah yg sama, komennya dia: terlalu main, Bu, kurang belajarnya. Halah!

1 Comment»

  mamaallisya wrote @

mbak devita,

aduh emang repot buanget ncari sekolah SD, aku sendiri sekarang juga lagi ncari, karena anaku 2008 jg masuk SD. Ada beberapa pilihan, tapi aku mau tanya ke mba devita barangkali pernah dapet info yang luas mengenai sekolah SD Lazuardi Cordova di Jakara Barat. Karena kalau SD Lazuardi Pusat (diCinere) terlalu jauh buat kami, yg kebetulan bmukim di kebon jeruk. Makasi sebelumnya mbak.


Leave a Reply

