Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Rak ‘Giant’ @ The Sweet Corner

Memiliki ruangan khusus di dalam rumah, yang disiapkan sebagai ruang kerja, adalah hal yang menyenangkan. Bisa dipastikan, itulah keinginan setiap orang. Begitu juga saya, dulu. Sekarang? Hmh, tidak lagi, tuh…

Suami saya, selaku ‘arsitek’ dan ‘desainer interior’ rumah kami, membuat perabot yang kami sebut rak komputer – ibu dan kakak saya lebih senang memanggilnya rak ’giant’. Ya, dengan ukuran 2m x 1,6m x 0,70m, rak itu terlihat terlalu besar untuk ruang-ruang dalam rumah kami.

Dengan plitur hitam pekat, walaupun besar, rak itu sebenarnya tampil memikat, karena bergaya minimalis. Terbuat dari kayu jati, polos tanpa ukiran. Di sisi kiri kanannya, dibuat empat buah rak bersusun ke bawah. Bagian paling atas, kami biarkan terbuka, tanpa pintu. Rak-rak tersebut kami gunakan untuk menyimpan aksesori rambut si kecil, buku-buku saya dan suami, juga perlengkapan shalat.

Di bagian tengah rak ’giant’ itu, dibuat rak bersusun tiga. Bagian paling atas, didedikasikan sebagai meja kerja. Ada seperangkat komputer di sana, juga ada speaker, telepon, scanner, modem, dan hiasan meja berupa puisi, yang dibuat oleh suami, saat saya berulangtahun. Di bawahnya terdapat laci tempat menyimpan alat-alat tulis, dan rak paling bawah, digunakan untuk menyimpan printer rusak dan audio cd tape ABG. Ya, usia audio itu sudah 15 tahun – mungkin lebih positif jika saya katakan dia ABG, daripada tua..

Rak ’giant’ itu, dulunya kami tempatkan di sudut sebuah ruangan kosong tak berpintu. Mengasikkan bekerja di sana saat siang hari, tapi tidak di malam hari. Kentungan di tiang listrik oleh satpam di jam-jam tertentu lewat tengah malam, suara gemerisik rumput di taman yang dilalui binatang, seringkali membuat saya tersentak kaget dalam kesendirian saya saat bekerja di ruang itu. Terlebih, saat suatu malam – tepatnya, lewat tengah malam, saya mendengar suara berbisik menyapa saya, “Psst…“. Saat saya mencari asal sumber suara dan menemukan tak ada satupun orang di sana, kontan saya lari tunggang langgang ke kamar tidur! Sejak itu, saya bercita-cita memiliki ruang kerja yang menyatu dengan kamar tidur, di mana saat saya bekerja di malam hari, selalu ada suami dan anak saya, yang siap menemani.

Cita-cita saya menjadi kenyataan. Saat rumah kami direnovasi tahun lalu, ukuran kamar tidur kami dibuat cukup luas. Rak ’giant’ itu bisa masuk ke dalamnya. Kami perbaiki tampilannya dengan memberikan sentuhan melamik hitam pekat, bukan lagi plitur biasa. Kami tempatkan ia di sudut kamar, bersebelahan membentuk siku dengan jendela yang menghadap ke taman belakang, yang sarat dengan nuansa hijau.

Saat pagi hari, saya cukup membuka jendela dan memutar tongkat kayu pada sisi wood blind, dan sinar matahari serta segarnya udara pagi, akan leluasa masuk menyapa. Kursi kantoran yang dulu menjadi pasangan rak ’giant’, kini kami ganti dengan sofa kulit berwarna coklat tua yang empuk. Bila malam hari saat bekerja saya mengantuk dan tertidur, sofa itu siap memberi saya pelukan yang nyaman.

Perusahaan saya yang sekarang, beralamatkan di sebuah jalan di dunia maya. Dengan rak ’giant’ itu, saya bisa pulang pergi ke kantor dengan waktu yang sangat fleksibel, termasuk lewat tengah malam tanpa khawatir adanya gangguan. Dengan busana apapun, saya leluasa menyapa ’klien’ saya. Tak ada keharusan saya harus mematut diri yang rapi, memulas gincu, ataupun memberikan aroma nafas yang segar saat saya berbicara.

Di pagi yang cerah, dalam pelukan sofa empuk di depan rak ’giant’ at the sweet corner, saya, dengan baju kebesaran saya saat tidur – celana pendek dan kaus oblong, selalu siap menyapa ‘klien’ dengan ramah, “Hallo, selamat pagi…”. Hmh…, mereka tidak perlu tahu saya seperti apa toh?

080407

1 Comment»

  sari wrote @

how nice… i want it too


Leave a Reply

