Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Shakespeare Salah Besar!

Alya vs Inanta

Nama Alya berasal dari bahasa Arab yg artinya ilmu pengetahuan, secara cita2 emaknya, pengen banget anaknya jd orang pinter. Tapi ternyata di adat Batak, adalah hak ‘prerogatif’ ompungnya, untuk ngasih nama ke cucu dari anak laki2nya. Akhirnya untuk mengakomodasi semua pihak, nama lengkapnya Alyapun menjadi Alya Inanta Aurelia.

Dan sejak bayi, dia menyandang nama panggilan dari ompungnya : Inanta, di rumah dan di sekolah, yg artinya Ibu Kita atau wanita yang dihormati. Aku aja yg kalo d dunia maya, spt di milis, d blog atau juga d majalah, untuk pemotretan, selalu nyantumin nama Alya, untuknya.

Sampe lulus TK kemaren, dia masih ‘terkenal’ dengan sebutan nama Inanta. Tapi begitu d SD, aku mulai bingung, kok semua buku dan peralatannya dilabeli nama Alya sama gurunya, bukan Inanta. Selidik punya selidik ke Alya, ternyata dia yg ‘memproklamirkan’ nama ‘baru’nya. Ditanya kenapa, dia bilang lebih suka dipanggil Alya, ketimbang Inanta yg notabene lebih panjang.

Halah…halah…jadi keinget ama ompungnya, pasti sedih banget nama kebanggaannya nggak dipake ma Alya. Dan aku sendiri, jadi suka bingung kalo ketemu temen2 d sekolah. Biasanya manggil Alya,”iya tuh, si Inanta kan blablabla…” sekarang harus mulai membiasakan diri bahwa nama ‘populer’nya Alya di dunia maya itu, sekarang juga dipake di dunia nyata hehehe…. Ribet amat ya, urusan nama. Kali ini, Shakespeare salah besar!😉

3 Comments»

  fifie wrote @

wahhh, pinde nih
ah rumah toh. harus di updat

  irving wrote @

ya udhlah inanta aja, jangan anaknya bingung karena nanti kalau bingung sulit berkembang apalagi nama itukan nama pemberian opungnya yang sdh almarhum ok !

  devita umardin wrote @

Inanta tetep dipanggil Inanta kok, Bang, cuma sejak SD, dia sendiri yang minta guru dan temen2nya untuk panggil dia Alya🙂

Jadi karena kami dah terbiasa panggil dia Inanta, kalo ke sekolah jadi suka ribet dan bingung harus panggil dia Alya🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: