Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Artikel Favorit 1

Dulu saya pernah menulis beberapa artikel untuk sebuah milis parenting yang saya dirikan dengan 2 orang teman. Ini beberapa artikel yang paling saya suka banget sekali dech😉

FAQ Seputar Konsumsi Susu Pada Balita

Q: Anak saya hingga saat ini usianya 4 tahun, masih minum susu dari botol, bagaimana caranya agar ia mau minum susu dari gelas?
A: Sejak usianya 1 th, secara konsisten, ajarkan anak untuk minum susu langsung dari gelas. Lakukan secara bertahap dengan menggunakan training cup (gelas yang tutupnya bisa diganti-ganti mulai dari dot, spout, straw/sedotan dan tutup gelas biasa). Bila sudah terlanjur terbiasa menggunakan botol susu, coba sajikan susunya dalam gelas dengan motif/gambar yang lucu / yang ia suka atau sediakan sedotan dengan bentuk-bentuk yang unik agar ia tertarik minum langsung dari gelas.

Q: Anak saya makannya susah sekali, saya takut dia kurang gizi. Untuk itu, saya berikan susu Pediasure secara rutin diselingi bergantian dengan susu formulanya. Apakah tindakan saya sudah benar?
A: Pediasure bukanlah susu, tetapi makanan cair. Di situs Abbott (produsen Pediasure) disebutkan bahwa Pediasure adalah Therapeutic Nutrient, atau nutrisi untuk pengobatan, ditujukan untuk anak-anak yang sakit berat dan operasi besar, sehingga kesulitan mencerna. Dengan demikian, mengkonsumsi Pediasure (ataupun makanan cair lainnya) berarti tidak menggunakan alat-alat pencernaan dengan sempurna dan maksimal.

Dengan makan makanan padat/mengunyah, tubuh kita menghasilkan enzim-enzim yang berperan membantu lambung nantinya untuk mengolah makanan. Juga dengan makan makanan padat, organ bicara, khususnya otot-otot oromotor akan terlatih, dan ini sangat membantu membentuk kemampuan bicara anak. Manfaat ini tidak akan didapat jika anak makan makanan cair.

Q: Anak saya tidak suka minum susu. Apakah dengan makan makanan sehari-hari sudah mencukupi kebutuhan asupan kalsium tubuhnya?
A: Tidak ada teori yang mengharuskan anak usia di atas 1 tahun HARUS minum susu. Susu hanya sebagai pelengkap, salah satu sumber asupan kalsium. Tubuh anak membutuhkan protein, lemak bagus, karbohidrat, vitamin dan mineral (termasuk kalsium). Berikan anak makan sehat seimbang, dan penuhi asupan kalsiumnya, dari berbagai sumber, bukan hanya dari susu.

Q: Sumber asupan kalsium lainnya selain dari susu, bisa didapatkan dari mana?
A: Susu memang memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak. Susu kambing 98 mg/100 g, susu kerbau 216 mg/g, susu bubuk full cream 895 mg/gr, susu bubuk skim 1.300 mg/gr, dan keju 777 mg/g.

Kalsium juga bisa diperoleh dari sayuran hijau (bayam misalnya), buah-buahan, brokoli, makanan laut, tempe dan tahu (cukup besar pada ikan dan kacang-kacangan). 100 g kacang kedelai basah memiliki 196 mg kalsium, 100 g kacang kedelai kering mengandung 227 mg kalsium, bungkil kacang tanah (730 mg), tempe kedelai murni 129 mg, tahu 124 mg, daun lamtoro 1.500 mg, daun kelor 440 mg, bayam merah 368 mg, bayam hijau 267 mg, daun talas 302 mg, daun mlinjo 219 mg, rebon kering (udang kecil) 2.306 mg/100 g; rebon segar 757 mg; udang kering 1.209 mg kalsium; udang segar 136 mg kalsium; teri kering 1.200 mg; teri segar 500 mg.

Q: Berapa kebutuhan kalsium tubuh kita setiap harinya?
A: Menurut Siti Fatimah Moeis, M.Sc., dokter dan ahli gizi lulusan University of London, angka kecukupan kalsium rata-rata yang dianjurkan di Indonesia adalah 500 – 800 mg per orang per hari. Pada usia lanjut dan wanita menopause para ahli cenderung menganjurkan asupan sampai sekitar 1.000 mg/hari

Q: Seandainya saya memilih susu sebagai sumber asupan kalsium, sementara jenis susu yang beredar di pasaran begitu banyaknya, sebaiknya susu jenis apa yang baik untuk saya pilih?
A: Susu yang beredar di pasaran adalah susu bubuk (susu bubuk berlemak/full cream milk prowder, susu bubuk rendah lemak/partly skim milk powder dan susu bubuk tanpa lemak/skim milk prowder) dan susu cair (susu pasteurisasi, susu UHT).

Susu bubuk, berasal dari susu segar baik dengan atau tanpa rekombinasi dengan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. Umumnya pengeringan dilakukan dengan menggunakan spray dryer atau roller dryer. Umur simpan susu bubuk maksimal adalah 2 tahun dengan penanganan yang baik dan benar.

Susu pasteurisasi, dipanaskan pada suhu 63-72 derajat Celcius selama 15 detik, untuk membunuh bakteri patogen. Disimpan pada suhu 5-6 derajat Celcius dan memiliki umur simpan hanya sekitar 14 hari.

Susu UHT (ultra high temperature), dipanaskan dengan suhu tinggi dan dalam waktu yang singkat (135-145 derajat Celcius selama 2-5 detik).

Tujuan pemanasan dengan suhu tinggi, untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segarnya.

Keunggulan susu UHT dibandingkan jenis susu lainnya adalah masa simpannya yang sangat panjang pada suhu kamar yaitu mencapai 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke lemari pendingin, juga sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada. Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu zat gizi, relatif tidak berubah.

Proses pengolahan susu cair dengan teknik sterilisasi atau pengolahan menjadi susu bubuk sangat berpengaruh terhadap mutu sensoris dan mutu gizinya terutama vitamin dan protein. Pengolahan susu cair segar menjadi susu UHT sangat sedikit pengaruhnya terhadap kerusakan protein. Di lain pihak kerusakan protein sebesar 30 persen terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk.

Q: Dikatakan bahwa susu UHT tidak mengandung bahan pengawet, tapi masa simpannya bisa mencapai 10 bulan setelah diproduksi. Bisa dijelaskan bagaimana hal tersebut bisa terjadi?
A: Susu UHT dikemas secara higienis dengan menggunakan kemasan aseptic multilapis berteknologi canggih, Kemasan ini kedap udara sehingga bakteri pun tak dapat masuk ke dalamnya. Kemasan juga kedap cahaya sehingga cahaya ultra violet tak akan mampu menembusnya. Dengan terlindungnya dari sinar ultra violet dan bakteri, maka kesegaran susu UHT pun akan tetap terjaga.

Q: Susu UHT yang beredar di pasaran juga banyak macamnya, mana yang harus dipilih?
A: Pilihlah yang plain, full cream dengan komposisi hanya terdiri dari susu segar, tanpa tambahan pewarna, perasa dan perisa (gula, coklat, stroberi, dll). Untuk anak di atas usia 2th (terutama yg obesitas) dianjurkan untuk mengkonsumsi susu low fat.

Q: Susu UHT merk apa saja yang memenuhi kriteria tersebut di atas?
A: Pura, Frisian Flag, Greenfields, Realgood, Ultra

Q: Anak-anak masih membutuhkan lemak untuk pertumbuhannya, mengapa dianjurkan susu low fat atau rendah lemak?
A: Rekomendasi dari American Heart Association, semua anak di atas usia 2 tahun (bukan hanya yang obesitas/kelebihan berat badan) dianjurkan untuk mengkonsumsi susu low fat atau susu skim. Di atas 2 tahun anak membutuhkan lemak bagus, bukan lemak jenuh (dan lemak tersebut bisa didapat dari ikan, minyak tanaman, bukan hanya dari susu).

Q: Bagaimana cara mengidentifikasi apakah susu UHT masih dalam kondisi baik?
A: belum lewat tanggal kadaluarsa, kemasan tidak menggembung, rasa dan baunya tidak masam, tekstur susu tidak pecah dan tidak mengental.

Q: Bagaimana cara penyimpanan susu UHT yang benar?
A: Apabila kemasan susu UHT telah dibuka, maka susu tersebut harus disimpan pada refrigerator (sebaiknya di bagian dalam, bukan pada pintu, karena suhu tidak stabil).
Bila kemasan belum dibuka, susu UHT harus dihindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi (di atas 50 derajat Celcius) karena dapat terjadi gelasi yaitu pembentukan gel akibat kerusakan protein.

Q: Bagaimana cara mengkonsumsi susu UHT?
A: Susu UHT bisa langsung diminum tanpa direbus atau dimasak terlebih dahulu. Bisa juga diminum dalam keadaan dingin. Dan bila ingin diminum dalam keadaan hangat, rendam kemasan dalam air hangat. Merebus atau memasak susu UHT akan merusak kandungan gizi dan komposisi yang terkandung di dalamnya.

Q: Berapa ml susu UHT yang dikonsumsi setiap harinya oleh anak?
A: karena hanya untuk memenuhi asupan kalsium, cukup 400-500 ml sehari. Konsumsi susu yang berlebihan, hanya akan membuat anak merasa kenyang, mengingat kandungan airnya yang mencapai 90%. Sehingga, anak-anak mengurangi konsumsi makanan lain yang lebih kaya kandungan lainnya, misalnya zat besi. Ini dapat menyebabkan anak menderita kekurangan zat besi.

Dirangkum dari berbagai sumber
© DVT 2008 for http://www.BeingMom.org

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: