Stay@HomeMOmmY

Blognya Emak di Rumah ;)

Tabungan Barbie: Hari Pertama Libur Sekolah

Sebetulnya ga tepat jg dibilang ini hr pertama libur sekolahnya Alya, secara dr jumat kemaren Alya dah libur.Tp karna jumatnya emaknya masi sok sibuk mode on nyiapin buat arisan sabtu,so hr senin ini baru resmi si emak menyatakan:Alya libur (halah mau libur aja pake ribet! :p)

Walopun mungkin ga k mana2,tp pengennya setiap hr jd hari yg bmanfaat buat Alya. Ini jg dg catatan, kl emaknya ga mati gaya keabisan ide :p

Dimulailah hari pertama ini diajarin cara menabung,mumpung lg ada rekening barbie ala si BII. Tentunya Alya dah tau kartu atm,bank,buku tabungab,dll, tp aku pengen dia tau lebih detil lg,bukan cm kenal fisik hal2 tsb.

Alya aku minta mengisi sendiri form aplikasi yg berhubungan dg datanya2 dia. Jg aku jelasin prosedur nabung d bank itu spt apa, apa dan kegunaan buku tabungan,kartu atm,gimana cara baca mutasi uang keluar masuk di buku tabungan, apa gunanya teller, apa bedanya ambil tunai d teller dan d atm, kenapa buku tabungan dan atm harus d simpan dg aman d suatu tempat dll.

Untungnya mbak customer servicenya jg sabar ngeladenin dan nunjukin gimana tandatangan d buku tabungan yg walopun ketutup,bs dg mudah terlihat dg alat bantu khusus.

Alya antusias sekali ngikutin semua prosedur kecuali 1 hal: dia meringis waktu tau ada biaya materai sejumlah 12rb yg harus d bayar,”ntar uang kk abisss” katanya dg tampang yg melas bgt. Stelah aku pastiin uang materai ibu yg bayarin, dia langsung ceria lagi.

Beda dg saat main di kidzania, d mana Alya paling hobi tarik uang d atm, walaupun smua gaji ga mau d ambil tunai,maunya d transfer lgsg k rekening, kali ini d dunia nyatanya, dg uang benerannya,Alya bener2 bertekad harus nabung terus dan ga mau saldo d tabungannya berkurang sedikitpun. Hehehehe sudah sdikit2 aku jelasin tentang bunga rekening dan biaya adm,tp saat ini dia keknya blm bs trima kl uangnya harus bkurang utk biaya apapun tmasuk biaya adm.

Untungnya rek barbie ini ga ada biaya adm yg tentunya konsekwensinya tingkat bunga rek jg rendah,tp terlalu dinilah utk crita ini itu soal mekanisme tingkat bunga ma Alya. Toh tujuan inti tercapai, dia tahu cara menabung, dan sadar utk gemar menabung😉

1 Comment»

  sari wrote @

cool… ik jadi ga sabar nih ngajarin anak2 nabung di bank.. hehe.. Alya sama dengan saya: ngga rela bayar adm bank😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: